5 Langkah cara mudah memodifikasi baju yang terlihat monoton

Lima  Langkah  Cara Mudah Memodifikasi Baju yang Terlihat 'Monoton'
(Oleh Sunartin)

(Koleksi  D'Fatina Hijab)

Assalamu'alaikum, Wr. Wb.

Kita sebagai seorang wanita biasanya suka berbelanja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun secara tidak disengaja, ketika berjalan melihat baju muslimah vang terpampang di sebuah toko baju. Padahal hanya sekilas saja. Ada hal yang menarik pada baju tersebut.

Hal yang membuat ketertarikan pada baju tersebut, bisa dari warna kesukaan, modelnya bagus, dll. Ketika kita mampir ke toko baju  itu, baju tersebut sangat cocok dengan keinginan kita, misalnya dari warnanya, coraknya, atau modelnya. Tapi dalam modelnya ada sesuatu yang kurang pas di hati. Apalagi ukurannya. Hal itulah yang menjadi kendala ketika kita mau membeli baju muslimah

Jika kita presentasekan nilainya mencapai 85% kita suka dan yang 15% lagi kekurangannya. Nah, dari kekurangannya itu, kita berpikir mau dibagaimanakan baju ini agar terlihat lebih hidup dan bernilai estetis?

Dari segi model ada yang kurang pas, yaitu baju tersebut jika kita lihat, terlihat monoton. Begitu-begitu saja kurang variatif. Apalagi kurang pas dengan ukurannya. Misalnya kita mempunyai ukuran bajunya M, yang ada L atau sebaliknya. Mau tidak mau kita beli, karena kita lebih suka warna dan coraknya.

Setelah dibeli, kita coba dipampang/ digantung. Supaya terlihat dari kejauhan. Kemudian kita tatap sambil berpikir bagusnya dibagaimanakan baju ini?

Cukup dengan Lima langkah saja untuk memodifikasi baju muslimah ini, di antaranya:

1. Menentukan warna

Dalam menentukan warna, kita lihat warna apa yang lebih dominan pada baju tersebut?

(Koleksi D'Fatina Hijab)

Kalau baju ini dominan warna biru dongker. Warna lain yang lebih sedikit yaitu warna pink dan tosca. Asalnya baju ini polos ( belum ada peletnya), begitu juga dengan Khimarnya warna biru dongker polos.

Perlu diingat: Jika di rumah mempunyai baju/kain bekas, sisa jahitan jangan dibuang!

Setelah itu, kita coba serpihan kain warna pink dan tosca digelar di atas baju itu. Kemudian kita lihat warna apa yang lebih hidup. Jika kita jadikan sebagai pletnya. Kalau saya coba ambil warna pink, agar lebih terlihat cerah.

2. Ukuran badan.

Ukuran badan itu maksudnya bisa panjang badan, pundak, panjang tangan, pinggang, dll. Bagian apa yang kurang cocok/pasnya.

Misalnya: Jika kita memiliki ukuran lebih pendek dari bajunya, berarti kita harus memotong bagian bawahnya. Dan jika kita memiliki ukuran tubuh lebih tinggi dari bajunya, berarti kita harus menyambungnya dengan kain yang sama seperti yang akan kita jadikan pletnya.

Kalau saya kekurangan dengan baju yang di atas yaitu terlalu panjang dan lingkar pinggang terlalu besar. Maka solusinya memotong bagian bawahnya dan bagian pinggang pakai tali serut, supaya terlihat ada aksen tali modifikasi yang menjuntai. Bisa juga pakai karet atau sesuai selera. Bisa dilihat contoh pola memotong bagian bawahnya pada gambar di bawah ini.

(Koleksi D'Fatina Hijab)

Cara memotong bagian bawah, bagian ujungnya dinaikkan 9 cm. Tujuannya yaitu ketika baju dipakai bagian bawah akan terlihat sama/rata. Jika tidak dinaikkan, ketika baju itu dipakai akan terlihat bagian bawah pinggirnya akan terlihat lebih panjang dari bagian bawah tengahnya. Sehingga akan terlihat  kurang enak dipandang mata. 

3. Tambahkan plet dibagian bawah dan bagian pergelangan tangan.

(Koleksi D'Fatina Hijab)

4. Membuat tali serut pinggang.

Polanya seperti gambar di bawah ini

(Koleksi D'Fatina Hijab)

Contoh hasilnya seperti gambar di bawah ini.

(Koleksi D'Fatina Hijab)

Untuk memasukkan talinya, ambil kain yang senada dengan warna dasarnya dijahit di sekeliling lingkar pinggang sampai bisa memasukkan talinya. Jadi, untuk memakainya bisa diserut untuk mengecilkannya atau sebaliknya sesuai kebutuhan.

(Koleksi D'Fatina Hijab)

5. Memberi aksen pada Khimar.

Memberi sedikit aksen pada khimar dengan kain yang senada  dengan pletnya dan diberi kancing sebagai pemanis saja,  agar terlihat lebih hidup, dan tidak 'ngblank' satu warna. Contohnya seperti gambar di bawah ini.

(Koleksi D'Fatina Hijab)

Hasilnya seperti gambar di bawah ini

(Koleksi D'Fatina Hijab)

(Koleksi D'Fatina Hijab)

Alhamdulillah selesai. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Aamiin. Dan selamat mencoba mempraktikannya!

Gambar: Koleksi D'Fatina Hijab
Model.   : Si Penulis
Fotografer: Nafis Hilal Ramadhan

Comments

Cave veil dari kerudung segi empat

HIJAB INSTAN RIBBON EMBROIDERY

CARA MENGUBAH GAMIS MENJADI TUNIK

TUNIK KATUN EMBROIDERY

Cave Veil Dari Kerudung Segi Empat yang Jarang Dipakai

MEMBUAT SARUNG BANTAL KURSI UNIK TANPA RESLETING

HIJAB INSTAN PRAKTIS DAN NYAMAN DARI D'FATINA HIJAB

INSPIRASI OUTFIT CANTIK DARI D'FATINA HIJAB