3 Cara Praktis Membuat Kerudung Segi Empat Instan

3 Cara Praktis Membuat Kerudung Segi Empat Instan
(Oleh Sunartin)


(Sumber foto: D'Fatina Hijab)



Sekarang ini dunia fashion busana muslim sangat beragam model dan coraknya. Busana muslimah yang sangat pesat perkembangannya baru-baru ini yaitu kerudung/ khimar/ hijab. Keberagaman model dan corak itu sebagai bentuk bahwa orang-orang Indonesia itu kreatif dan inovatif.

Model kerudung yang sekarang 'trendy' dan pemakaiannya bisa dimodifikasi dengan berbagai cara yaitu kerudung segi empat. Kerudung segi empat bisa dikatakan praktis, bisa juga dikatakan merepotkan.

Kerudung segi empat  bisa dikatakan praktis, jika pemakainya sudah terbiasa/ terampil, dan nyaman memakainya. Tingkat kenyamanan itu juga bisa ditentukan dari bahan yang digunakan. Misalnya bahannya lembut, adem, dan mudah dibentuk.

Kerudung segi empat bisa dikatakan sangat merepotkan, apabila diburu waktu atau pemakainya belum/tidak terbiasa menggunakan kerudung segi empat. Hal yang menjadi kendala dalam menata kerudung segi empat yaitu bagian depan atas, ujung dahi.

Misalnya saja kita akan berangkat kerja, waktu sudah mepet, belum lagi kerudung yang bagian depannya susah dibentuk. Perasaan menjadi kesal dan kurang semangat.

Untuk mengatasi hal seperti itu, saya akan memberikan tips agar kerudung segi empat bisa dipakai dengan mudah, cepat, dan anti badai yaitu kerudung segi empat dijadikan kerudung instan.

Ada 3 cara membuat kerudung segi empat menjadi kerudung instan:

1. Lipat salah satu ujung kerudung.

Pilih salah satu ujung kerudung yang akan dilipat, saya menggunakan kerudung segi empat dari Zoya  karena materialnya cukup lembut. Kerudung segi empat dibuka kemudian diratakan, lipat salah satu ujung kerudung seperti gambar di bawah ini.

(Sumber foto: D'Fatina Hijab)

(Sumber foto: D'Fatina Hijab)

(Sumber foto: D'Fatina Hijab)


2. Beri ped busa.

Kalau sudah ditentukan bagian ujung kerudung yang akan dilipat, kemudian bagian tengah dari garis lipatan beri pola ped busa, seperti gambar di bawah ini

(Sumber foto: D'Fatina Hijab)

(Sumber foto: D'Fatina Hijab)

Tarik lagi ujungnya sehingga busa berada di dalam lipatan.

3. Jahit lengkung busa.

Seperti gambar di bawah ini.

(Sumber foto: D'Fatina Hijab)

Hasilnya seperti gambar di bawah ini, 
(Sumber foto: D'Fatina Hijab)



Semoga menginspirasi. 
 Selamat mencoba! 
Pasti bisa!


Comments

Post a Comment

Cave veil dari kerudung segi empat

CARA MENGUBAH GAMIS MENJADI TUNIK

CARA MEMBUAT KAIN ECOPRINT TEKNIK POUNDING DENGAN MUDAH

Kemeja Batik Pria Lengan Panjang dari Sinjang Kebat

MEMBUAT SARUNG BANTAL KURSI UNIK TANPA RESLETING

Cave Veil Dari Kerudung Segi Empat yang Jarang Dipakai

TUNIK KATUN EMBROIDERY

MODEL BAJU TUNIK COUPLE DARI D'FATINA HIJAB