Model baju perpisahan terbaru


MODEL BAJU PERPISAHAN  2020
(Oleh Sunartin)
Sumber foto: koleksi D'Fatina Hijab

Acara perpisahan sekolah atau sering disebut acara wisuda merupakan suatu kegiatan yang menandakan bahwa kita telah menyelesaikan suatu tahapan pendidikan 

Jika kita sudah menyelesaikan suatu jenjang pendidikan biasanya ditandai dengan adanya pelulusan. Wujud rasa syukur atas keberhasilan dan kebahagiaan itu dituangkan dalam bentuk kegiatan yang dilaksanakan atau dimeriahkan oleh semua civitas akademika di sekolah tersebut yang dinamakan dengan acara perpisahan, wisuda, atau pelepasan siswa yang sudah tuntas menyelesaikan tugas pendidikannya.

Tuntas menyelesaikan tugas pendidikannya kemudian akan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi sampai meraih  puncak apa yang dicita-citakannya.

Untuk memeriahkan wujud rasa syukur atas kelulusannya, biasanya siswa pada hari spesialnya itu mengenakan gaun yang formal untuk hari perpisahan sekolah. Salah satu contohnya yaitu kebaya lengkap dengan aksesoris dan make up-nya.

Untuk mendapatkan kebaya itu bisa menyewa atau menjahit sendiri ke penjahit. Tidak hanya kebaya siswa lebih kreatif yaitu dengan memadu madankan kain batik dengan kain brokat, atau kain batik dengan kain warna  polos dengan model yang agak formal yang hanya dipakai untuk acara-acara tertentu saja. Jadi kalau dipakai untuk bepergian sehari-hari itu kurang cocok, sehingga pakaian tersebut jarang digunakan atau bahkan hanya satu kali pakai saja ketika perpisahan sekolah saja. Jadi, sayang ya kalau seperti itu.

Untuk membuat pakaian itu, kita harus memikirkannya secara matang. Kita harus memikirkan kegunaan untuk sekarang dan untuk ke depannya. Apakah masih bisa dipakai atau tidak, ketika dipakai dalam situasi tertentu. Jadi, jangan membuat pakaian itu hanya untuk sekali pakai saja (kurang banyak manfaatnya).

Untuk mengatasi hal seperti itu kami akan mencoba menyuguhkan busana alternatif untuk acara perpisahan sekolah yang bisa dipakai untuk acara perpisahan dan untuk kegiatan-kegiatan yang lainnya.

Untuk rasa kebersamaan dan keseragaman, biasanya anak-anak berinisiatif untuk membeli kain baik yang sama untuk satu kelas. Setiap kelas kain batiknya berbeda-beda, sesuai dengan kesepakatan kelas masing. Ada hal yang positif ketika siswa mengenakan pakaian batik yang seragam per kelas yaitu untuk membedakan kelas dan  variasi warna- warni batik.

Dalam  satu kelas corak batiknya sama, tapi modelnya berbeda-beda sesuai dengan keinginan masing-masing siswa. Hal itulah yang menjadi salah satu daya tarik tersendiri dan lebih berkesan untuk yang melihatnya atau yang mengenakannya.
 Hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk membuat model baju perpisahan di  antaranya:
1. Kain batik
Lihat dulu kain batiknya, cocoknya dibuat model apa? Padupadan dengan warna apa? Kain polos untuk variasi batik bisa dijadikan landasan untuk menentukan kerudung / hijabnya. Jangan lupa perhatikan juga tingkat kenyamanan ketika kita memakainya dan jangan  memaksakan diri hanya karena modelnya. 

  • Sumber foto: koleksi D'Fatina Hijab

Warna dasar batiknya krem dan coklat. Batik perpisahan ini akan dibuat dress potongan payung. Batiknya akan divariasikan dengan warna hijau lumut.

Jika hijabnya berukuran lebar, maka bagian yang akan dikombinasikan dengan warna hijau lumut yaitu bagian depan secara vertikal dari pusar ke bawah, kemudian list di atas rempel bawah, bagian saku, dan manset lengan. Bisa di dilihat pada gambar di bawah ini.

Sumber foto: koleksi D'Fatina Hijab

Sumber foto: koleksi D'Fatina Hijab

2. Hijabnya warna hijau lumut, yang akan dibuat hijab instan
Foto pola hijab instan

Sumber foto: koleksi D'Fatina Hijab

Gambar  hijabinstan yang sudah jadi.

Sumber foto: koleksi D'Fatina Hijab

Dalam pemakaiannya disesuaikan dengan keadaan sekarang yang masih darurat Covid 19, maka harus mematuhi aturan kesehatan yaitu harus memakai masker. Masker yang digunakan sesuai dengan warna hijabnya. 

Alhamdulillah semoga bermanfaat untuk siswi SMA/MAN. Semoga menginspirasi. Terima kasih.

Comments

Post a Comment

Cave veil dari kerudung segi empat

Cara mengukur dan membuat pola outer lengan panjang

CARA MENGUBAH GAMIS MENJADI TUNIK

CARA MEMBUAT BATIK ECOPRINT TEKNIK POUNDING DENGAN MUDAH

REVIEW: Gamis Nafisa Set dari Alhijaz

Kemeja Batik Pria Lengan Panjang dari Sinjang Kebat

Cave Veil Dari Kerudung Segi Empat yang Jarang Dipakai

HIJAB INSTAN RIBBON EMBROIDERY