Cara membuat hijab pashmina instan

Blogger Indonesia

CARA MEMBUAT HIJAB PASHMINA INSTAN

(Oleh Sunartin)
(Sumber foto: koleksi D'Fatina Hijab)

            Hijab pashmina merupakan hijab yang  ukurannya persegi panjang. Cara memakainya lebih praktis cukup ditutupkan ke kepala bagian kiri dan kanan tinggal lepas ke belakang pundak. Sudah selesai. Tapi...tunggu dulu! Sekarang sudah banyak pashmina instan di pasaran, lebih praktis dan fashionable.

        Tak hanya fashionable dan praktis. Pashmina instan juga lebih ekonomis. Coba bayangkan jika kita bisa membuat sendiri, untungnya berkali lipat. Mau tahu? Baik saya akan kasih bocorannya ya...Sangat cocok bagi anda yang mau mulai bisnis hijab. Anda cukup  beli kain yang cocok buat hijab, dengan panjang 180cm dan lebar 150cm. Dengan panjang dan lebar seperti itu kita bisa membuat dua hijab pashmina ukuran besar. Secara ekonomi lebih menguntungkan bukan?

      Hijab pashmina instan itu  bermacam-macam. Contohnya ada pashmina satu lubang pakai pet kancing pinggir, pashmina instan satu lubang tanpa pet, pashmina dua lubang tanpa pet, pashmina dua lubang pakai pet, dan pashmina dua lubang pakai pet tali serut. Dan masih banyak pashmina instan lainnya.

Yang akan kami praktikkan dalam kesempatan hari ini yaitu:

1. Hijab pashmina instan pet kancing pinggir.

           Pertama kita siapkan kain dengan panjang 150 cm dan lebar 72 cm. Sekeliling bagian pinggirnya dikelim kecil atau bisa juga dineci agar lebih rapi dan tidak banyak memakan kain, kecuali bagian depan pashmina yang akan di pasang petnya tidak usah dikelim atau dineci, tapi cukup diobras saja. setelah dikelim/ dineci pinggirnya,  dari panjang 150 cm dilipat dua jadi 75 cm. beri tanda bagian tengahnya atau digunting ujungnya sedikit,  untuk menempelkan petnya.kemudian jahit bagian petnya setelah itu, lipat dua lagi. kemudian  sisakan dari tengah pet atas kepala sepanjang 29 cm untuk lubang muka. untuk sisanya jahit ke bawah sampai ujung. Ukur dari bagian bawah dagu sepanjang 15 cm, kemudian tempelkan tali kain dengan tujuan untuk mengaitkannya ke kancing di pinggir telinga (kiri atau kanan). 
Hasilnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini.
(Sumber foto: koleksi D'Fatina Hijab)

Cara memakainya kaitkan tali kancing yang ada di sebelah kanan samping telinga, sambungan atau jahitan bagian depan harus tepat di atas pundak. Hasilnya akan terlihat seperti memakai hijab segi empat yang menutupi badan bagian depan. Ujungnya lancip akan memberikan kesan lebih ramping dan tinggi. Bisa dilihat pada gambar di bawah ini.
(Sumber foto: koleksi D'Fatina Hijab)

2. Hijab pashmina instan pet dengan ujungnya langsung dijahitkan di puncak kepala.

         Pertama sediakan kain dengan panjang  150 cm dan lebar 75 cm. sekeliling pinggirannya dikelim kecil atau dineci. sediakan petnya, bentangkan kain pashminanya. kemudian lipat ke bagian lebarnya sepanjang 68 cm. ambil ujungnya gunting sedikit untuk ciri / tanda memasangkan pet bagian puncak  atau bagian tengahnya. setelah dipasang pet sisakan 29 cm untuk lubang muka. Dari ujung dagu jahit ke bawah sepanjang 14 cm. Sisa bagian yang pendeknya dibiarkan menjuntai. Kemudian ambil bagian depan pashmina yang panjang. Ambil ujungnya tempelkan di puncak kepala, dari ujung puncak pet sekitar 7 cm. kemudian jahitkan ke bagian lebar pashmina sekitar 15 cm, Sisanya biarkan menjuntai.
Hasilnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini.
(Sumber foto: koleksi D'Fatina Hijab)

       Cara memakai  hijab pastan seperti ini tinggal slurp bagian belakang akan membentuk segitiga dan bagian depan akan membentuk setengah lingkaran dan ada aksen bergelambir efek dari bagian ujung pashmina yang dijahit dibagian atas kepala.

(Sumber foto: koleksi D'Fatina Hijab)

Alhamdulillah selesai juga. Semoga bermanfaat dan menginspirasi ya..Aamiin.

Comments

Cave veil dari kerudung segi empat

HIJAB INSTAN RIBBON EMBROIDERY

CARA MENGUBAH GAMIS MENJADI TUNIK

TUNIK KATUN EMBROIDERY

Cave Veil Dari Kerudung Segi Empat yang Jarang Dipakai

MEMBUAT SARUNG BANTAL KURSI UNIK TANPA RESLETING

HIJAB INSTAN PRAKTIS DAN NYAMAN DARI D'FATINA HIJAB

INSPIRASI OUTFIT CANTIK DARI D'FATINA HIJAB