BAJU COUPLE BATIK TRUSMI DAN KAIN TAPIS LAMPUNG KOMBINASI POLOS


BAJU COUPLE BATIK TRUSMI DAN KAIN TAPIS LAMPUNG KOMBINASI POLOS
(Oleh Sunartin)

(Sumber foto: koleksi Azzura Studio)

Negara Indonesia merupakan negara yang memiliki tradisi membatik dan menenun yang terampil dengan motif yang bervariasi sesuai dengan ciri khas daerahnya masing-masing.

Motif batik dan tenun yang bervariasi dan menarik dari segi desainnya membuat kain tersebut memiliki nilai estetik dan nilai jual yang cukup tinggi sampai bisa menembus  pasar internasional.

Untuk itu, kita sebagai generasi penerus bangsa harus bisa mengembangkan dan melestarikan salah satu kerajinan tangan membatik dan menenun secara turun temurun. Karena keanekaragaman tradisi itu merupakan sebuah asset bangsa yang perlu dilindungi dan dilestarikan.

Seiring dengan berjalannya waktu kegiatan membatik dan menenun perkembangannya semakin pesat karena didukung oleh kemajuan teknologi yang semakin canggih dan lebih efektif,  sehingga menghasilkan motif-motif yang baru dan unik dalam jumlah banyak. 

Motif-motif yang unik bisa membuat daya tarik tersendiri. Baik warga negara kita maupun warga negara lain pun banyak yang menyukainya.

Mulai dari kainnya sudah banyak yang melirik, apalagi sudah dimodifikasi jadi pakaian. Contohnya pakaian adat, pakaian untuk pesta, pakaian sarimbit untuk keluarga, dan masih banyak yang lainnya. 

Di sini saya mengambil contoh baju sarimbit yang menggunakan kain batik dan kain tenun. 

(Sumber foto: koleksi Azzura Studio)

Untuk wanita memakai setelan  kebaya dengan menggunakan batik Trusmi Cirebon dikombinasi kain polos warna merah senada yang cerah.
Dikombinasikan dengan hijab merah dan bagian atasnya bercorak, sehingga terlihat lebih hidup. Kemudian ditambah aksesoris selendang dari kain tapis Lampung yang memberi kesan ayu.

Menurut Wikipedia,  tapis Lampung merupakan pakaian wanita suku Lampung yang berbentuk kain sarung dan terbuat dari kain tenun benang kapas dengan motif atau hiasan bahan sugi, benang perak atau benang emas dengan sistem sulam (Lampung: "cucuk").

Untuk model prianya yaitu model baju beskap modern kain tapis Lampung kombinasi polos warna merah senada. Beskap modern  dengan bagian depan tanpa kancing dan bagian bawahnya dibuat meruncing memberi kesan lebih rapi, ramping, stylish, terlihat elegan.

Jadi, kita  bisa lebih leluasa untuk memadumadankan model kain batik atau tenun bisa dikombinasikan dengan kain polos yang senada akan memberi nuansa  yang lebih hidup dan tetap mempertahankan kekhasan model batik dan kain tenun asal daerah tersebut. 

Dengan menampilkan kekhasan batik dan tenunan akan mengangkat tradisi atau budaya  daerah asal produk itu. Dan menjadi suatu kebanggaan bangsa kita yang memiliki keberagaman kain batik dan kain tenun yang ada di Indonesia.


Alhamdulillah
Semoga bermanfaat dan menginspirasi
Terima kasih

Comments

Post a Comment

Cave veil dari kerudung segi empat

CARA MENGUBAH GAMIS MENJADI TUNIK

Cave Veil Dari Kerudung Segi Empat yang Jarang Dipakai

MODEL BAJU TUNIK COUPLE DARI D'FATINA HIJAB

HIJAB INSTAN RIBBON EMBROIDERY

MEMBUAT SARUNG BANTAL KURSI UNIK TANPA RESLETING

TUNIK KATUN EMBROIDERY

Cara menjahit outer lengan panjang