GAMIS BATIK TOSKA KOMBINASI KAIN POLOS ALA D'FATINA HIJAB

Blogger Perempuan Network

Blogger Indonesia 

GAMIS BATIK TOSKA KOMBINASI KAIN POLOS ALA D'FATINA HIJAB

(Oleh Sunartin)

(Sumber foto koleksi D'Fatina Hijab)

Gamis batik merupakan model busana muslimah berupa gamis yang terbuat dari material kain batik. Kain batik memiliki motif yang bervariasi dan terkesan tradisional sehingga bisa menambah nilai estetika cukup unik (khas).

Gamis batik ini cukup familiar di kalangan kaum wanita. Mulai dari corak dan modelnya cukup beragam. Ada gamis setelan dengan hijabnya, gamis batik sarimbit untuk sekeluarga, atau gamis batik  seragaman untuk acara tertentu, seragam instansi  baik secara formal maupun informal.

Nah .... sekarang yuks kita intip model gamis batik dari D'Fatina Hijab. Kami membuat seragam gamis batik untuk ibu-ibu di sekolah. Ibu-ibu guru yang berusia di atas empat puluhan biasanya bermasalah dengan berat badan yang akan mempengaruhi terhadap model dan penampilannya.

Berdasarkan hasil request ibu-ibu tadi. Bagaimana cara membuat model gamis batik agar terlihat lebih ramping,  menarik dan tidak terkesan tua.

Untuk menjawab pertanyaan di atas, maka kami akan mulai membahas cara membuat gamis batik kombinasi kain polos. 

Dalam memilih kain batik, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Ayo sekarang. Ok kita harus jelaskan satu persatu, ya! Selamat membaca sampai tuntas!

👉 Bahan kain batik pada umumnya bermaterial katun. Ada beberapa macam jenis katun, seperti katun Jepang, katun Prada, katun primisima, katun toyobo, dan lain-lain.

Bahan katun ini memiliki tekstur dan yangkarakter yang hampir sama yaitu adem, lembut, mudah menyerap keringat, gampang disetrika ( cepat rapi), dan cocok digunakan di daerah yang bercuaca panas. 

Bahan katun ini selain memiliki kelebihan, namun ada juga kekurangannya yaitu mudah kusut.

👉 Bahan kain batik tidak hanya dari jenis katun, ada juga berbahan satin, dan sutra. Bahan batik seperti ini lebih lembut dan terlihat lebih mengkilap (glossy). Batik berbahan satin ini sangat cocok untuk acara-acara formal, kondangan, dan acara-acara yang lainnya. 

👉 Memilih batik juga harus di perhatikan. Untuk yang bertubuh subur sebaiknya cari batik yang motifnya yang kecil-kecil. Sedangkan yang bertubuh kurus cari motifnya yang besar. Namun kalau untuk seragaman ada yang bertubuh subur dan yang bertubuh kurus. Kita ikut ke yang lebih dominan misalnya kebanyakan ibu-ibu bertubuh subur, kita yang tubuhnya kurus cari alternatif modelnya yang agak beda. 

(Sumber foto koleksi D'Fatina Hijab)

 (Sumber foto koleksi D'Fatina Hijab)

 Pilih motif batik kecil-kecil untuk yang bertubuh subur. Untuk yang bertubuh kurus bisa disiasati dengan bagian pinggang full rempel kecil, dan bagian lengan pakai mansset, agar terlihat lebih berisi. Untuk yang bertubuh subur bisa dikombinasikan dengan warna polos bagian samping dan berbentuk huruf A meruncing ke atas. Lengan dan dada dikombinasikan dengan warna polos gelap. Dengan model seperti ini, ibu-ibu akan berkesan elegan dengan tubuh terlihat lebih jenjang, ramping dan menawan.

Hasilnya seperti gambar di bawah ini.

(Sumber foto koleksi D'Fatina Hijab)

(Sumber foto koleksi D'Fatina Hijab)

 


Comments

Cave veil dari kerudung segi empat

Cara mengukur dan membuat pola outer lengan panjang

CARA MENGUBAH GAMIS MENJADI TUNIK

CARA MEMBUAT BATIK ECOPRINT TEKNIK POUNDING DENGAN MUDAH

REVIEW: Gamis Nafisa Set dari Alhijaz

Kemeja Batik Pria Lengan Panjang dari Sinjang Kebat

Cave Veil Dari Kerudung Segi Empat yang Jarang Dipakai

HIJAB INSTAN RIBBON EMBROIDERY