CARA MENGUBAH GAMIS MENJADI TUNIK

Blogger Perempuan Network

Blogger Indonesia 

CARA MENGUBAH GAMIS

MENJADI TUNIK

(Sumber foto: koleksi D'Fatina Hijab)

Oleh Sunartin

Model baju gamis mengalami perkembangan yang cukup pesat dalam dunia fashion muslimah, termasuk di negara Indonesia. Dengan adanya perkembangan yang cukup pesat ini, banyak para desainer fashion berinovasi untuk mengembangkan model-model baju gamis yang lebih modis, elegan,  dan syar'i. Mulai dengan cara memadukan warna, motif, corak, dan model yang bervariasi dan kekinian.

GAMIS

Pengertian gamis menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), gamis merupakan kemeja yang merujuk pada pakaian panjang ala Pakistan, yaitu baju yang panjangnya sampai ke paha atau lebih bawah sedikit.

Kata gamis merupakan kata serapan dari bahasa Arab yaitu qamish yang artinya pakaian terusan dari atas tubuh sampai mata kaki.

Busana gamis adalah pakaian muslimah dengan model baju menyatu antara atasan dan bawahan yang berbentuk lurus, panjang dan longgar untuk menutupi seluruh badan mulai dari leher sampai ke mata kaki (Sumber: www.kanalinfo.web.id).

TUNIK

Tunik berasal dari bahasa Inggris yaitu tunic yang artinya pakaian longgar yang menutupi dada, bahu, dan punggung. Baju tunik ini bisa berlengan atau tanpa lengan dan panjangnya sampai di pinggul atau hingga di atas lutut (Sumber: id.wikipedia.org).

Setelah kami jelaskan tentang pengertian gamis  dan tunik, kami dari desainer D'Fatina Hijab ada sebuah permintaan dari seorang customer untuk mengubah gamis yang sudah jadi menjadi tunik. 

Kenapa pengen diubah? Karena gamis tersebut kurang panjang sekitar 15 cm, padahal bagian bawahnya sudah disambung dan dirempel. Di atas rempel diberi aksen list kriwil-kriwil. Untuk itu, customer ingin mengubah gamis tersebut menjadi tunik agar lebih beda. 

Apakah Anda memiliki masalah yang sama seperti customer saya di atas? Yuk kita simak baik-baik ya...!

Bagi kami ini merupakan sebuah tantangan bagaimana cara mengubah baju gamis menjadi tunik yang elegan. Panjang awal gamis sekitar 125 cm, mau dibuat tunik panjangnya menjadi 85 cm.

(Sumber foto: koleksi D'Fatina Hijab)

Detail gamis menggunakan bahan moscref warna hijau botol, bagian depan full kancing hidup dengan menggunakan kancing dinas warna senada dengan kain dasarnya. Bagian bawah ada sambungan rempel. Di bagian atas rempel diberi aksen list kriwil-kriwil warna sama dengan warna dasar. Sekilas mata memandang gamis tersebut monoton.

Nah, sekarang gamis tersebut kita bagi  menjadi tiga bagian. Pertama bagian atas potong pas pinggang, bagian tengah yang akan dibuang, dan bagian bawah yang akan disambungkan ke bagian pinggang tadi. Yuk kita lihat gambar di bawah ini ya!

(Sumber foto: koleksi D'Fatina Hijab)

Setelah dibagi tiga seperti gambar di atas, bagian tengah dibuang, kemudian sambungkan bagian atas dengan bagian bawah. Hasil akhir panjangnya harus 85cm. 

Bagian bawah untuk ukuran pinggangnya terlalu lebar, sehingga kami kerut agar pas di bagian pinggangnya, jika disambungkan dengan bagian atasnya. Jadi, tunik yang kami modifikasi tersebut termasuk tunik peplum. 

Tunik peplum ini lebih menekankan ada potongan di bagian pinggang, sehingga memberi kesan feminin. Coba kita intip-intip lagi jadi seperti apa ya gamis tadi?

(Sumber foto: koleksi D'Fatina Hijab)

Hampir membentuk tunik ya. Sekarang kita coba sambungkan tuniknya dan modifikasi kancingnya jadi kancing bungkus press dengan warna yang kontras. Warna dasarnya hijau botol, kami padukan dengan kancing warna kuning kunyit. Begitu juga untuk mansetnya  diberi aksen list warna kuning kunyit dan kancingnya warna hijau botol sama dengan warna dasarnya. Hasil akhirnya, taraaaaaa........cukup manis tuniknya bukan?

(Sumber foto: koleksi D'Fatina Hijab)

Semoga bermanfaat dan menginspirasi 🙏





Comments

Post a Comment

Cave veil dari kerudung segi empat

MEMBUAT SARUNG BANTAL KURSI UNIK TANPA RESLETING

TUNIK KATUN EMBROIDERY

Cara mengukur dan membuat pola outer lengan panjang

CARA MEMBUAT KAIN ECOPRINT TEKNIK POUNDING DENGAN MUDAH

MODEL BAJU TUNIK COUPLE DARI D'FATINA HIJAB