Kemeja Batik Pria Lengan Panjang dari Sinjang Kebat


KEMEJA BATIK PRIA LENGAN PANJANG DARI SINJANG KEBAT

Oleh Sunartin


(Sumber foto Koleksi D'Fatina Hijab)

Kemeja batik lengan panjang merupakan kemeja yang dikenakan oleh pria dari kain yang bermotif batik. Kain batik yang bisa dipakai jadi kemeja pria yaitu kain batik yang biasa disediakan di toko-toko kain. Selain itu, bisa juga kain batik yang biasa digunakan oleh ibu-ibu orang Sunda atau Jawa untuk dipakai sehari-hari atau untuk menggendong bayi/balita, dalam proses khitanan, pernikahan, hingga penutup jenazah orang yang meninggal. Kain batik itu kalau di Sunda disebut 'sinjang/samping kebat'.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata Sinjang artinya kain panjang. Sinjang kebat merupakan kain panjang yang dijahit kecil pada bagian tepi lebar pangkal dan lebar ujungnya, tidak berbentuk sarung.

Ukuran Sinjang Kebat pada umumnya panjang 255cm dan lebar 116cm. Ukuran tersebut bisa atau cukup untuk digunakan membuat baju atasan, baik untuk kemeja pria atau tunik untuk wanita. 

Nah sekarang, saya memilih sinjang kebat yang motifnya cocok untuk kemeja batik pria lengan panjang.


(Sumber foto Koleksi D'Fatina Hijab)

Kita merasa bangga memakai baju batik yang sudah mendunia dan diakui oleh UNESCO yang memiliki nilai-nilai luhur secara simbolik dan estetis. 

Untuk itu, kita sebagai warga negara Indonesia harus bisa merawat dan melestarikan batik Indonesia melalui berbagai cara. Salah satunya dengan cara mengenakan busana batik, baik untuk acara resmi maupun tidak resmi .

Kemeja batik lengan panjang merupakan salah satu pakaian formal yang menarik, sopan, dan elegan untuk digunakan oleh pria.

Banyak pria yang hanya menggunakan beberapa kemeja formal saja. Namun sebenarnya untuk menunjang penampilan bisa menggunakan model yang lain. Salah satunya adalah baju batik.

Hampir semua orang di Indonesia mengenal baju batik dan tidak sedikit pula yang mengenakan baju batik. . Baik itu laki-laki maupun perempuan.

Penggunaan baju batik sudah mendunia. Kemeja batik pria lengan panjang bisa menjadi salah satu pilihan baju formal. Pria yang menggunakan baju batik memiliki kesan tersendiri sesuai modelnya.

Kemeja batik lengan panjang yang saya buat pada kesempatan ini termasuk kemeja lengan panjang model klasik.


(Sumber foto Koleksi D'Fatina Hijab)

Baju batik dengan model klasik memang sudah banyak digunakan. Selain tampilannya yang sederhana, tidak berlebihan, namun tampak elegan dan berwibawa, atau bisa dibilang lebih casual dan eksklusif yang disesuaikan dengan ukuran tubuh.

Hal yang lebih menarik dari kemeja ini yaitu bisa disesuaikan dengan bentuk tubuh apapun. Jika Anda memiliki tubuh yang besar, maka Anda bisa menggunakan batik bermotif kecil begitupun sebaliknya.

Jadi, tidak ada salahnya, jika Anda di rumah mempunyai sinjang kebat yang memiliki motif cantik bisa digunakan untuk dijadikan baju yang unik dan menarik.

Terima kasih.

Selamat mencoba!  Dan semoga menginspirasi ya....🙏

Blogger Indonesia



Comments

Cave veil dari kerudung segi empat

CARA MENGUBAH GAMIS MENJADI TUNIK

Cave Veil Dari Kerudung Segi Empat yang Jarang Dipakai

MODEL BAJU TUNIK COUPLE DARI D'FATINA HIJAB

HIJAB INSTAN RIBBON EMBROIDERY

Cara menjahit outer lengan panjang

MEMBUAT SARUNG BANTAL KURSI UNIK TANPA RESLETING

TUNIK KATUN EMBROIDERY